Senin, 12 Mei 2014

LANGKAH LANGKAH INKUIRI

Langkah-langkah pembelajaran penemuan (Inquairy Learning)
 1.      Mengorientasikan siswa pada masalah; kegiatan guru: melakukan menginformasikan tujuan   
       pembelajaran, menciptakan lingkungan kelas yang memungkinkan terjadi pertukaran ide yang terbuka,          mengarahkan pada pertanyaan atau masalah, dan mendorong siswa mengekspresikan ide-ide secara 
        terbuka
2.   Mengorganisasikan siswa untuk belajar; kegiatan guru: membantu siswa menemukan konsep berdasar masalah, mendorong keterbukaan, proses-proses demokrasi dan cara belajar siswa aktif, dan menguji pemahaman siswa atas konsep yang ditemukakan.
3.   Memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok; kegiatan guru: memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam mengerjakan/menyelesaikan masalah, mendorong kerjasama dan penyelesaian tugas-tugas, mendorong dialog, diskusi dengan teman, mmbantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah, membantu siswa merumuskan hipotesis, dan membantu siswa dalam memberikan solusiKegiatan guru: memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam mengerjakan/menyelesaikan masalah, mendorong kerjasama dan penyelesaian tugas-tugas, mendorong dialog, diskusi dengan teman, mmbantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah, membantu siswa merumuskan hipotesis, dan membantu siswa dalam memberikan solusi
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja; kegiatan guru: membimbing siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKP) dan membimbing siswa menyajikan hasil kerja.
5.   Menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah; Kegiatan guru: membantu siswa mengkaji ulang hasil pemecahan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemcahan masalah, dan mengevaluasi materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar