Langkah-langkah pembelajaran penemuan (Inquairy Learning)
1.
Mengorientasikan siswa pada masalah; kegiatan guru:
melakukan menginformasikan tujuan
pembelajaran, menciptakan lingkungan kelas
yang memungkinkan terjadi pertukaran ide yang terbuka, mengarahkan pada
pertanyaan atau masalah, dan mendorong siswa mengekspresikan ide-ide secara
terbuka
2. Mengorganisasikan siswa untuk belajar; kegiatan guru:
membantu siswa menemukan konsep berdasar masalah, mendorong keterbukaan,
proses-proses demokrasi dan cara belajar siswa aktif, dan menguji pemahaman
siswa atas konsep yang ditemukakan.
3. Memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok;
kegiatan guru: memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam
mengerjakan/menyelesaikan masalah, mendorong kerjasama dan penyelesaian
tugas-tugas, mendorong dialog, diskusi dengan teman, mmbantu siswa mendefinisikan
dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah,
membantu siswa merumuskan hipotesis, dan membantu siswa dalam memberikan
solusiKegiatan guru: memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam
mengerjakan/menyelesaikan masalah, mendorong kerjasama dan penyelesaian
tugas-tugas, mendorong dialog, diskusi dengan teman, mmbantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan
masalah, membantu siswa merumuskan hipotesis, dan membantu siswa dalam
memberikan solusi
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja; kegiatan
guru: membimbing siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKP) dan membimbing
siswa menyajikan hasil kerja.
5. Menganalisis dan
mengevaluasi hasil pemecahan masalah; Kegiatan guru: membantu siswa mengkaji
ulang hasil pemecahan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemcahan
masalah, dan mengevaluasi materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar